Kenapa Toko Saya Sepi Pembeli? Berikut Tipsnya

By | Juli 25, 2018

Saat membuka toko banyak tangtangan dan kendala yang harus siap kita hadapi. baik toko offline ataupun toko online keduannya memiliki kesamaan dalam rintangannya. kita dituntut untuk selalu inovatif dan butuh dedikasi tinggi dalam menjalankannya. problem paling umum baik toko baru atau lama adalah masalah sepi pengunjung. saat itu mungkin dari kita sering bertanya pada diri kita sendiri “Kenapa toko saya sepi?”. tidak ada salahnya bertanya seperti itu. jadikan pertanyaan tersebut menjadi bahan evaluasi kita agar toko menjadi ramai.

Toko Sepi
Sudahkah Anda mempelajari toko Anda sendiri? penyebab toko sepi peminat? jika belum mulailah mengevaluasi toko anda untuk perkembangan toko anda. berikut ini adalah hal2 yang mungkin bisa anda tinjau ulang penyebab toko anda sepi

Produk/Jasa

Produk atau Jasa yang toko anda tawarkan haruslah memiliki nilai-nilai berikut;

  • Kualitas
  • Terupdate
  • Variasi
  • Inovatif

Sehingga produk anda memiliki nilai tambah dimata konsumen. Jika dagangan anda masih sepi, mungkin saja produk Anda kurang dibutuhkan konsumen.

Lakukan survei pasar terlebih dahulu, dari data data tersebut akan diketahui produk/jasa apasaja yang banyak dicari konsumen. jangan menilai produk berdasarkan selera diri sendiri, selalu utamakan apa yang disukai dan dicari konsumen.

Harga

Harga adalah point yang sangat penting saat berdagang. ketahuilah harga pasaran dan cek harga pasaran yang ditawarkan kompetitor agar produk anda bisa bersaingan, atau sesuai dengan apa yang didapatkan konsumen. Jangan mematok harga terlalu mahal atau relatif lebih tinggi dari harga pasaran jika produk itu mudah dicari. Hal tersebut membuat konsumen enggan datang kembali ke toko anda.

Promosi

Penyebab toko sepi pembeli adalah kurangnya promosi yang anda lakukan. jadi mulailah mempromosikan toko anda agar banyak calon konsumen baru yang tahu toko anda dan kelak menjadi pembeli potensial dan konsumen setia. promosi bisa dilakukan dengan cara beriklan, menjadi sponsor orang/komunitas, atau memajang papan menarik didepan toko anda.

Promosi dengan memberikan diskon, gratis kirim (untuk online) atau bonus akan meningkatkan jumlah calon pembeli. anda tak perlu merasa khawatir rugi dengan biaya promosi anggaplah hal tersebut sebagai investasi yang akan mendulang keberhasilan dimasa depan.

Service Pelayanan

Berikanlah service yang baik dan memuaskan. servis yang baik harus ramah dan murah senyum terhadap konsumen. service yang memuaskan adalah respon yang cepat dan tanggap. seperti kata pepatah pembeli adalah raja. jadi service yang memuaskan adalah point krusial yang membuat pengunjung datang kembali.

Lokasi Tempat

Apakah lokasi toko Anda sudah strategis dan tertarget? surveilah terlebih dahulu lokasi tempat anda berjualan. type pengunjung, usia pengunjung, akses lokasi. agar kelak toko anda tepat sasaran dan tokopun menjadi ramai. namun jika anda terlanjur membuka toko di lokasi yang kurang tepat sehingga menjadi sepi alangkah baiknya anda mengubah barang dagangan anda secara bertahap.

Kelengkapan Toko

Penyebab toko sepi mungkin saja dari kelengkapan barang ditoko anda. menurut survey yang bisa dipercaya, prilaku konsumen biasanya malas berpindah-pindah lokasi untuk mencari barang yang berbeda dan lebih tertarik pada toko yang lebih lengkap. jadi toko yang anda tawarkan harus memiliki banyak pilihan yang relevan. misal seperti toko buku yang menyediakan buku, pensil, jasa fotocopy, tas, seragam sekolah dan lainnya yang masih berkaitan.

Kelengkapan dari barang dagangan toko anda akan menjadi nilai plus dimata pengunjung. kelengkapan toko juga akan mendongkrak penjualan di toko anda.

Update Produk

Anda sering mendengar istilah “cuci gudang” dengan memberikan diskon besar besaran di mall atau toko toko besar. hal itu mereka lakukan untuk menghabiskan stok lama dan mengupdate dengan produk baru. andapun harus melakukan hal yang sama, konsumen cenderung mencari barang-barang terbaru dan mendatangi toko toko yang cepat menyediakan barang terupdate.

Sistem seperti ini perlu anda terapkan di toko anda. anda bisa melakukannya dalam beberapa periode. Misalnya tiap 3 bulan, 1 tahun sekali, atau tergantung jenis toko Anda.

Point point diatas bisa anda jadikan rujukan dan bahan evaluasi jika toko anda sepi pembeli. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan selalu kunjungi situs ini untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *